Proposal Skripsi

Judul Proposal             : Robot Pemindah Barang berbasis Line Follower
Nama                           : Aldy Mohamad
NPM                           : 28111466
Kelas                           : 3KB01

A.    Latar Belakang
Di zaman yang semakin modern semakin banyak penciptaan alat bantu berbasis pada perkembangan teknologi komputerl manusia telah banyak menciptakan perangkat atau robot yang dapat memudahkan pekerjaan dari manusia. Diantaranya adalah robot pemindah barang berbasis pada line follower.

Robot pemindah barang berbasis pada line follower ini berfungsi sebagai alat bantu untuk manusia agar dapat memindahkan barang – barang dengan lebih mudah dan tentunya tidak menghabiskan tenaga terutama untuk pemindahan barang – barang berat. Sebagai contoh jika seseorang ingin memindahkan barang berat seperti lemari, maka orang itu tidak perlu bersusah payah untuk mengankat lemari tersebut karena dengan alat bantu robot pemindah barang maka orang tersebut hanya perlu mengendalikan robot tersebut ke arah mana barang itu akan dipindahkan.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atasm maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut :
1.      Karena robot ini difungsikan untuk mengangkat barang maka diperlukan motor dengan daya torsi yang besar sehingga mampu memindahkan barang.
2.      Jika robot ini berbasiskan pada line follower maka diperlukan jalur atau track untuk mengarahkan gerak dari robot ini, sehingga hanya tempat tertentu saja yang dapat dilalui oleh robot ini.
C.     Batasan masalah
Batasan masalah pada penulisan skripsi ini adalah :
1.      Karena masih berbentuk prototipe maka barang yang diuji hanya dibatasi pada barang – barang yang memiliki bobot kurang dari 10kg.
2.      Jalur atau track robot untuk pemindahan barang sudah titentukan sebelumnya.
D.    Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian dan penyusunan skripsi ini antara lain :
1.      Membuat sebuah robot yang dapat membantu manusia untuk memindahkan barang sehingga memudahkan pekerjaan manusia.
2.      Tidak perlu menggunkan tenaga yang besar untuk mengangkat benda – benda yang berat.

E.     Metodologi Penelitian
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan suatu keadaan atau suatu permasalah yang sering dialami berdasarkan fakta dan data – data yang diperoleh dan dikumpulkan pada waktu melaksanakan penelitian.

F.      Penutup
Kesimpulannya adalah robot ini dapat dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia terutama dalam hal memindahkan barang – barang berat.

Saran yang dapat penulis berikan adalah untuk membuat robot yang dapat mengangkat barang lebih besar dan lebih berat maka harus menggukan motor yang memiliki kekuatan torsi yang lebih besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hak Akses (Enkapsulasi) Method Dalam JAVA

3 Macam Kecemasan yang Menimpa Manusia

Teori - Teori Renungan