Wawancara

Berikut adalah hasil wawancara saya dengan seorang perantau yang berasal dari sulawesi yaitu tepatnya berasal dari daerah Provinsi Gorontalo. Lahir pada tanggal 5 Mei 1975, Namanya Soni I. Daud (36), banyak pengalaman yang dialami oleh pak Soni selama berada di perantauan, kerja keras yang terus ia lakukan telah membawanya mencapai kesuksesan di salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Saya : Apakah yang membuat bapak pak soni memilih merantau?
Pak Soni : awal saya  datang di Jakarta karena di ajak oleh seorang paman saya udah gitu ketika saya lulus dari sekolah, saya belum mendapat pekerjaan di Gorontalo. Jadi ketika di ajak saya memilih untuk ikut.


Saya : Motivasi apa yang mendorong pak Soni Untuk ikut paman ke Jakarta?
Pak Soni : Dulu saya ingin sekali merasakan seperti apa pengalaman merantau jauh dari kampung halaman dan selain ingin merasakan pengalaman merantau saya juga ingin belajar hidup mandiri dengan jauh dari keluarga saya.

Saya : Ketika bapak merantu ke Jakarta apakah pak Soni langsung dapat pekerjaan?
Pak Soni : awalnya saya belum mendapatkan kerjaan saya merasakan bahwa untuk mencari perkerjaan itu ternyata sangat sulit beberapa bulan saya masih menganggur, tetapi ketika itu saya beruntung bisa tinggal di rumah tante saya di situ saya di ajarkan untuk dapat bekerja keras. Saya terus melamar pekerjaan di berbagai perusahaan tetapi belum mendapat panggilan juga, akhirnya setelah beberapa bulan, saya mendapat panggilan di salah satu perusahaan yang berada di Jakrta Timur yaitu PT.Panasonic Manufacturing Indonesia, diperusahaan itulah awal karir saya dimulai, setelah melewati berbagai tes saya pun di terima kerja di perusahaan itu.

Saya : Apa dapat di ceritakan  peerjalanan karir bapak di perusahaan tersebut?
Pak Soni : Setelah saya diterima saya belum menjadi karyawan tetap tetapi masih di tempatkan sebagai karyawan kontrak, saya awalnya hanya di kontrak selama 6 bulan, selama 6 bulan itu saya berusaha bekerja semaksimal mungkin dan akhirnya ketika kontrak saya habis saya di promosikan oleh pimpinan saya untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan itu, saya pun tidak menolak. Untuk menjadi karyawan tetap saya mengikuti berbarbagai macam tes, seperti tes tertulis, tes kesehatan, dan wawancara. Alhamdullilah saya lulus dalam tes itu dan saya di Terima sebagai karyawan tetap. Dalam beberapa tahun saya bekerja di perusahaan itu saya telah mempati beberapa bagian dalam perusahaan itu, diantaranya saya pernah di tempatkan di Dept. Audio, Dept. Fan, Dept. Refrigerator, Dept. Air Conditioner, Dept. Water Pump dan masih banyak lagi yang saya tidak dapat sebutkan. Dalam beberapa tahun karir saya saya selalu bekerja semaksimal mungkin, sehingga setiap ada kenaikan pangkat saya selalu di promosikan oleh atasan saya, dan baru – baru ini saya di promosikan untuk menjadi leader dan alhamdullilah saya pun mendapapatkan jabatan itu.

Saya : Lalu dengan pencapaian bapak soni sekarang apakah punya target lain yang ingin bapak capai?
Pak Soni : Untuk target kedepan Insya Allah jika masih di kasih umur panjang oleh Allah SWT. saya akan terus mengejar karir saya sampai pada jabatan yang tertinggi, setelah itu jika saya sudah pensiun saya akan membuka sebuah usaha, saya ingin menjadi seorang wirausahawan.

Saya : wah saya salut kepada bapak soni, semoga bapak bisa meraih target yang bapak ingin capai kedepan. Kira – kira apakah bapak punya nasehat atau kiat – kiat untuk para perantau yang lainnya dalam meniti karir di perantauan?
Pak Soni : Untuk para perantau yang ingin meniti karir deperantauan saya hanya dapat sarankan bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan itu kita harus semangat dan bersungguh – sungguh dalam melakukan sesuatu, jangan pernah menggap remeh sesuatu yang kecil karena bisa jadi dari hal kecil itu kita akan mendapatkan sesuatu yang besar. Dan jangan lupa kerja keras, tanpa kerja keras kita tidak akan meraih apa – apa, dan jangan lupa juga untuk berdoa kepada Allah SWT. dan berterimakasihlah kepada Nya atas apa yang diberikan kepada kita. Saya rasa itu saja kiat – kiat yang saya dapat sampaikan.

Saya : Terimakasih pak soni, semoga dengan pengalaman bapak ini dapat berguna untuk orang lain, dan terutama untuk saya sendiri.
Pak Soni : Iya sama – sama dek, semoga kamu juga bisa sukses dalam kuliahnya dan karir kedepannya.

Jadi Kesimpulan yang saya dapat dari wawancara ini adalah bahwa dalam mencapai kesuksesan kita harus semangat, kerja keras dan bersungguh – sungguh dalam melakukan sesuatu baik itu dalam pekerjaan atau hal-hal lain karena itu adalah kunci dari sebuah pencapaian kesuksesan.


Komentar

  1. OK..SETIAP KITA DI HADAPKAN DENGAN PERISTIWA APAPUN, PANDANGLAH SEMUA ITU DAN TANGGAPILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN KARENA ITU SEMUA TUHAN SEDANG BERKEHENDAK..

    FURUHITHO

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hak Akses (Enkapsulasi) Method Dalam JAVA

3 Macam Kecemasan yang Menimpa Manusia

Teori - Teori Renungan