Pendakian ke Gunung Ciremai

Assalamualaikum, salam lestari untuk kalian semua..
Tetap pada akhir bulan Mei kemarin saya dan beberapa teman saya dari bogor dan dari Cirebon melakukan pendakian ke gunung Ciremai dimana gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung Ciremai ini berada di daerah Kabupaten Majalengka, untuk perjalanan dari bogor normalnya membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk sampai kesana.
Singkatnya saya dan 4 teman saya dari bogor berangkat pada hari sabtu pukul 11 pagi menuju ke Majalengka. Kami naik bis ekonomi dengan tarif 30 ribu rupiah dari bogor melewati jalur puncak, untuk ke daerah bandung terlebih dahulu. Untuk perjalanan kebandung sebenarnya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan, bahkan kata kenek bis, biasanya hanya membutuhkan waktu dalam 2 jam kurang, yah itu waktu perjalanan dalam hitungan mereka, dengan kondisi ngebut, dan tanpa macet alias lancer jaya.
Tapi karena dalam perjalanan kami terkendala macet parah, biasa lah arah bandung pada saat weekend itu macetnya cukup menguji kesabaran, hehe. kami pun tiba sekitar pukul 5 sore di bandung tapatnya di terminal luwi panjang, perjalanan yang cukup lama karena menghabiskan 2 kali lipat waktu yang seharusnya. Karenan hanya tinggal kurang dari satu jam watu sholat magrib kami memutuskan istirahat sejenak untuk makan, ngopi, sholat magrib dan ngopi lagi.
Tepat pukul 7 malam kami bersiap untuk berangkat ke majalengka. Untuk sampai ke daerah majalengka kami harus naik mini bus yang biasanya disebut “eleb”, saya sebernarnya baru dengar nama angkkutan tersebut. Mobil itu berbentuk seperti mobil mini van, atau seperti angkot. Tapi berbeda dengan angkot pada umumnya, mobil eleb dicat dengan warna yang berbeda dengan gambar – gambar beragam,. Dan tarif mobil ini kalo pada weekday sebesar 25 ribu rupiah, tapi sekali lagi karena weekend, tarifnya jadi 30 ribu rupiah, bahkan sebelumnya kami diminta membayar 35 ribu rupiah, namun dengan sedikit menawar kamipun hanya membayar 30 ribu rupiah, lumayan lah hemat goceng untuk beli kopi sama gorengan.
Perjalanan untuk sampai ke majalengka membutuhkan waktu 4 jam, sedikit saran saya untuk kalian, sebelum berangkat sebaiknya minum obat anti mabuk dulu, soalnya rata – rata supir mobil eleb itu kalo nyetir suka ngebut, bisa sampai 100 km/jam lebih gann, ditambah jalannya yang lumayan banyak tikungan, jadi sedikit mengocok perut lah. Sekitar pukul 11 malam kami pun sampai di daerah majalengka, kami disambut oleh teman – teman dari Cirebon. kamipun beristirahat karena pada besok paginya kami akan memulai pendakian.
Minggu 24 Mei 2014, adalah hari dimana kami akan melakukan pendakian Gunung Ciremai, kami beserta 9 teman berangkat pukul 7 pagi. Untuk ke lereng gunung kami menggunakan mobil bak terbuka, waktu untuk sampai ke lereng gunung dari terminal majalengka adalah sekitar 1 jam. Udara sejuk dan segar, serta hamparan sawah yang begitu indah merupakan pemandangan yang mengiringi kami menuju ke titik awal pendakian. Begitu indah alam Indonesia kita, sungguh mengingatkan saya akan kampung halaman di Gorontalo hehe sedikit promosi.
Akhirnya tibalah kami di tempat pendaftaran pendakian di lereng gunung. Saya lupa nama desa di lereng gunung tersebut. Disitulah kami mempersiapkan semua.