Makna Pengorbanan


      Pengorbanan adalah suatu tindakan atau kerelaan seseorang akan suatu hal,yang biasanya ditunjukan pada seseorang yang mempunyai tujuan atau makna dari tindakanya itu, dalam bentuk pertolongan dan tidak berharap imbalan dari suatu tindakan atau kerelaan, ikhlas semata-mata karna Tuhan.

Orang-orang yang berkorban biasanya adalah orang-orang ynag melakukannya dengan ikhlas semata-mata karna Tuhan,dan orang-orang yang berkorban,
berfikir bahwa pengorbanannya yang sedikit ataupun banyak akan berguna dan berarti sekali untuk orang yang menerima pengorbanannya itu, walau kadang ia harus rela mengorbankan jiwa dan raganya.

Pengorbanan untuk saat ini jarang sekali dilakukan oleh masyarakat, karna dijaman ini masyarakat hanya memikirkan dirinya sendiri, tanpa memikirkan orang lain, sebenarnya pengorbanan adalah perbuatan yang sangat mulia karna dari pengorbanan itu bisa membantu seseorang mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

Jadi makna dari pengorbanan itu sendiri adalah;


  1. Bisa membantu hidup atau masalah seseorang menjadi lebih baik.
  2. Pengorbanan yang diberikan akan sangat berharga dan berguna sekali untuk orang yang mendapat pertolongan atau pngorbanannya, walau pengorbanan yang diberikan sedikit.
  3. Orang-orang yang berkorban akan mendapat imbalan atau pahala yang sesuai dari sang pencipta(Tuhan) atau dari seseorang yang mendapatkan pertolongan atau pengorbanannya.
  4. Dan pengorbanan itu akan selalu melekat dan terkenang oleh orang yang mendapat pengorbanan dan orang-orang yang disekelilingnya, yang mengetahui bentuk pengorbanan itu.
  5. Pengorbanan adalah suatu tindakan yang mulia.


Adapun makna pengorbanan Idhul Adha adalah bagian dari peristiwa yang terjadi ditengah-tengah ibadah haji, untuk melaksanakan syariat Nabi Ibrahim AS yang membesarkan asma Allah dengan menyembelih hewan qurban pada tanggal 10 Dzulhijah. Idhul Adha menjadi perjuangan Nabi Ibrahim AS untuk menjalankan perintah Allah yang sangat berat adalah menyembelih anaknya. dan juga kerelaan Nabi Ismail AS untuk disembelih ditengah masa remajanya,yang bersedia berbakti dan mengorbankan dirinya untuk disembelih oleh ayahnya. Itu adalah ketakwaan, ujian, dan pembuktian kecintaannya Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS kepada Allah SWT, lewat sebuah pengorbanan. Jadi pengorbanan kepada Tuhan, bangsa dan Negara,tanpa pengorbanan sebuah cita-cita takkan tercapai.

Sumber : http://cahayanuy.blogspot.com/2009/12/makna-pengorbanan.html

Pendapat


      Dalam pengertian pengorabanan pada artikel diatas dikatakan bahwa pengorbanan adalah suatu tindakan kerelaan seseorang terhadapap orang lain dengan maksud atau tujuan tertentu. Namun tujuan yang dimaksud disini bukanlah tujuan untuk mendapatkan sesuatu imbalan atau balasan dari orang lain, melainkan menurut saya tujuan yang dimaksud adalah agar berharap orang lain dapat tertolong dengan tindakan yang dilakukannya tersebut, bisa juga diartikan tujuan yang semata  - mata karena ingin membahagiakan orang lain. Seperti contohnya seorang ibu yang berkorban untuk anaknya semata – mata karena ingin anaknya meresa bahagia dengan apa yang diinginkannya.
      Biasanya dalam kenyataanya orang yang selalu berkorban dengan ikhlas dan tulus adalah orang yang ingin melihat orang lain bahagia karena ia hanya berharap sekecil apapun pengorbanan yang dia berikan akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Pengorbanan yang diberikan dapat berupa tindakan atau berupa pemberian. Namun pada jaman sekarang ini, sangat sedikit ditemui orang yang dapat berkorban dengan tulus dan ikhlas karena kabanyakan orang sekarang lebih memikirkan diri sendiri dan jika berkorban pun semata – mata karena memiliki tujuan tertentu seperti ingin mendapatkan imbalan atas pengorbanan yang dia berikan kepada orang yang lain. Namun tidak sedikit pula orang yang benar – benar berkorban dengan ikhlas dan tulus hal ini karena orang tersebut memiliki rasa kasih sayang terhadap orang yang diberikan pengorbanan seperti pengorbanan ayah untuk anaknya, pengorbanan seorang sahabat, pengorbanan seorang kekasih atau yang lainnya karena atas dasar kasih sayang.
      Menurut pendapat saya bahwa pengorbanan adalah tindakan yang didasari atas dasar perasaan kasih atay perasaan sayang terhadap orang lain, sehingga jika seseorang yang melakukan pengorbanan adalah orang yang dengan perasaan ihklas dan tulus mengorbankan sesuatu untuk orang lain yang di kasihi atau disayangi adapula pengorbanan yang didasari atas persaan empati terhadap penderitaan orang lain sehingga perasaan empati yang dirasakan orang itu akan diwujudkan dengan memberikan pengorbanan kepada orang yang lain, namun menurut saya pengorbanan atas dasar empati kemungkinan besar hanya dapat berupa pengorbanan berupa pemberian sesuatu atau pemberian berupa benda, namun berbeda halnya dengan pengorbanan yang yang diberikan atas dasar rasa sayang, pengorbanan yang diberikan pun dapat berupa banyak hal, seperti pengorbanan dalam bentuk tindakan atau bahkan akan mengorbankan nyawanya karena rasa sayang yang besar yang dirasakannya.
      Namun pada kesimpulannya bahwa pengorbanan itu merupakan sesuatu tindakan terhadap orang lain yang berupa kerelaan yang dilakukan terhadap orang lain yang didasari atas dasar perasaan yang tulus dan ihklas semata – mata dengan tujuan agar dapat membahagiakan orang lain atau karena ingin mendapatkan kepuasan hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hak Akses (Enkapsulasi) Method Dalam JAVA

3 Macam Kecemasan yang Menimpa Manusia

Teori - Teori Renungan